Pengertian SEO,Apa Itu SEO,Cara Kerja SEO,Manfaat SEO Skip to main content

Pengertian SEO,Apa Itu SEO,Cara Kerja SEO,Manfaat SEO


Pengertian SEO


Kalau anda pernah melakukan pencarian web di Google, Yahoo!, Bing, atau mesin pencari lainnya, anda bakal lihat daftar web yang relevan bersama dengan pencarian anda.


Mesin pencari mengurutkan hasil pencarian tersebut bukan secara acak, tapi berdasarkan tingkat relevansi dan mutu website.


Search Engine Optimization atau SEO adalah usaha mengoptimasi web untuk beroleh peringkat teratas di hasil pencarian. Dengan beroleh ranking tinggi di hasil pencarian, potensi trafik organik Anda pun meningkat.


Selain membuahkan trafik organik yang tinggi, SEO terhitung bakal menopang Anda beroleh trafik yang tepat. Jadi Anda tidak hanya fokus pada trafik tinggi, tapi terhitung trafik yang pas sesuai bersama dengan obyek utama web Anda.


Untuk bisa beroleh trafik tinggi yang pas sasaran, Anda harus mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh mesin pencari, didalam hal ini Google. Anda harus mengetahui bagaimana langkah kerja SEO, algoritma Google, dan indikator utama SEO.


Cara Kerja SEO


Mesin pencari memanfaatkan algoritma khusus untuk menentukan konten mana yang layak menduduki ranking teratas hasil pencarian. Ini juga berlaku bagi semua mesin pencari baik itu Google, Yahoo!, Bing, maupun yang lainnya.


Kami tidak bakal membahas algoritma di setiap mesin pencari. Tetapi di sini kami hanya membahas satu algoritma saja yaitu milik Google. Kenapa? Karena Google menguasai lebih dari 90 persen pangsa pasar mesin pencari di semua dunia. Jadi ketika membahas langkah kerja SEO, algoritma Google jadi patokannya.


Google selalu memperbarui algoritmanya untuk beri tambahan hasil pencarian yang lebih relevan dan solutif untuk penggunanya. Dari 2011 hingga saat ini, setidaknya telah tersedia delapan major update untuk algoritma Google.


Jadi Anda harus selalu update perihal algoritma Google ini. Sebab langkah optimasi yang berdasarkan algoritma lama Google tidak bakal beri tambahan pengaruh apa pun. Misalnya, salah satu taktik lama yang digunakan adalah kata kunci stuffing.


Keyword stuffing adalah praktik memasukkan focus kata kunci sebanyak-banyaknya di sebuah artikel. Taktik ini pernah lumayan efektif, bahkan kalau konten Anda singkat dan tidak relevan serupa sekali bersama dengan focus kata kunci yang Anda masukkan.


Namun, bersama dengan pembaruan algoritma Google, kini taktik tersebut tidak lagi efektif. Bahkan Anda bisa terkena penalti kalau ketahuan mempraktikkannya. Konten Anda bisa diakui berisi spam kalau terlampau banyak mengulang focus keyword.


Kalau begitu, langkah optimasi SEO layaknya apa yang sesuai bersama dengan algoritma Google terbaru? Setidaknya tersedia delapan indikator SEO berdasarkan algoritma Google terbaru, dari struktur URL hingga kecepatan website.


8 Indikator Utama SEO


Indikator utama SEO selalu beralih secara berkala. Perubahan indikator ini tergantung pada algoritma Google. Jika Google tiba tiba memperbarui algoritmanya,maka indikator SEO ini pun berubah.


1. Struktur URL


2. Penggunaan SSL/TLS


3. Topik Konten


4. Search Intent atau kata kunci


5. Struktur Konten


6. Meta Tags


7. Backlink


8. Kecepatan Website


Mengapa SEO perlu untuk website?


Sejak adanya mesin pencari layaknya Google, hampir semua orang mencari Info secara online melalui search engine.Dari information yang dipublikasikan oleh Google, web yang menduduki peringkat pertama hingga ketiga beroleh keseluruhan klik kumulatif sebesar lebih dari 50%.


Peringkat pertama sendiri beroleh lebih dari 20%.


Ini menyatakan betapa pentingnya SEO untuk web anda, bersama dengan pemberian SEO anda bisa beroleh ribuan hingga puluhan ribu pengunjung per hari.


Lebih dari itu, pengunjung dari mesin pencari merupakan orang-orang yang haus bakal Info dan menginginkan belanja produk. Kalau anda punya sebuah bisnis online, pengunjung dari mesin pencari bakal punya tingkat konversi (conversion rate) terbesar.


SEO merupakan anggota dari inbound marketing yang merupakan teknik marketing modern di jaman digital.


Pemasaran inbound, terhitung SEO merupakan metode marketing yang memakan cost terkecil dibandingkan teknik pemasaran tradisional.


Demikian penjelasan perihal apa itu SEO serta langkah kerja, indikator, dan manfaatnya. Harapannya bersama dengan membaca artikel ini Anda telah mengetahui dasar-dasar SEO, dari pengertian SEO hingga faktor-faktor utama yang mempengaruhinya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar