Apa Itu Blog? Pengertian Blog Serta Sejarah Blog Skip to main content

Apa Itu Blog? Pengertian Blog Serta Sejarah Blog



Anda pasti telah kerap mendengar tentang blog. Namun, jika Anda melontarkan pertanyaan, seperti ‘apa itu blog’, maka hanya segelintir orang yang bisa menjawabnya dengan benar dan tepat. Di artikel ini kita bakal mengupas informasi seputar blog, termasuk siapa saja yang bisa disebut blogger, mengapa sebaiknya mengakibatkan blog, perbedaan blog dan website, dan lain sebagainya.


Apa Itu Blog?


blog adalah web atau disebut juga jurnal online yang berisi beragam Informasi yang menampilkan tulisan terbarunya di bagian atas halaman. Konten atau tulisan blog diperbarui secara berkala, dan biasanya dikelola oleh satu atau sekelompok kecil user. Meski diatur oleh banyak user, misalnya, anggapan dan opini yang dituliskan selamanya berfokus pada satu topik. Inilah pengertian dan definisi blog secara umum. Hanya saja, belakangan ini garis perbedaan blog dan web makin lama kabur.


Kegunaan dan Fungsi Blog


Ada banyak alasan mengapa orang atau perusahaan mengfungsikan blog. Sebagai contoh, Anda puas pelihara kucing dan ingin membagikan hobi serta kisah yang dimiliki ke audience di internet. Atau Anda tengah mempelajari pengaruh tidak cukup tidur dan inginkan menuliskan hasil serta anggapan yang ditemukan. Atau barangkali Anda adalah seorang pebisnis dan inginkan tawarkan produk yang dimiliki dengan menuliskannya di blog demi menaikkan awareness dari audience yang lebih besar. Selain tentang alasan pembuatan blog, ada terhitung yang menanyakan apakah benar kami mampu memperoleh pendapatan dengan mengonlinekan blog? Sama layaknya web atau jurnal, blog terhitung miliki susunan yang tidak kaku. Hal ini dikarenakan blog tawarkan bermacam macam desain dan bentuk, lebih-lebih terdapatnya update secara berkala. Namun, ada fitur yang standar dan terstruktur yang bakal Anda menyadari kala mengakses dan membaca blog.


Struktur


Struktur blog terdiri atas header yang mempunyai menu dan atau bar navigasi. Bagian konten utama menampilkan tulisan blog terbaru atau yang dijadikan sorotan (highlight). Ada terhitung sidebar yang menghidupkan profil media sosial author dan tulisan terpopuler. Terakhir, footer berisi informasi, seperti kebijakan privasi, disclaimer, dan Info kontak. Setiap segi yang ada pada susunan berperan terlampau mutlak di dalam memudahkan para pengunjung web site untuk laksanakan navigasi dan mencari konten.


Apa Itu Blogging?


Blogging adalah kesibukan menulis dan mengelola blog dengan pakai tool digital yang ada di internet sehingga sang blogger mampu menulis, membagikan, dan juga menautkan konten dengan mudah. Aktivitas blogging dimulai pada awal tahun 2000an di mana sejumlah blog berbau muatan politik bermunculan. Beberapa pas setelahnya terlihat blog bertemakan how-to dan tutorial. Blog tidak serupa berasal dari kesibukan jurnalis. Bahkan garis yang membedakan kedua kesibukan berikut tambah mengerti belakangan ini.


Sejak kemunculannya sampai pas ini, blogging terlampau populer. Hanya saja, yang menjadi pertanyaannya mengapa blogging mampu seterkenal saat ini? Awalnya blogging merupakan platform yang arus pertama untuk berita dan informasi. Sama seperti koran yang terlihat sebelum saat kehadiran blog, biarpun tingkat kenyamanan yang ditawarkan berbeda, blogging berkembang lebih cepat secara komparatif. Update Info yang dilaksanakan terus menerus dan blogger mampu ikuti blog yang sesuai dengan minat dan hobinya menjadi dua berasal dari sekian alasan mengapa orang-orang laksanakan blogging. Pun terdapatnya blog memudahkan para pembaca di dalam ikuti informasi, daripada harus membolak-balikkan kertas koran. ‘Kebangkitan’ blog memberi kesempatan bagi orang-orang yang dambakan menciptakan sesuatu yang baru. Anggap saja blog seperti sebuah buku diari yang dambakan Anda pamerkan ke teman-teman.


Siapa Itu Blogger?


Blogger adalah orang yang membuat dan mengelola blog, membagikan pandangan dan juga perspektif mereka ke audience secara online baik untuk target teristimewa maupun bisnis. Topik yang dibahas pun beragam, terasa dari kesenian sampai politik. Saat ini telah banyak blogger yang kondang dan jadi ‘selebriti’ di dunia online dan juga offline. Sebagian orang menjadikan blogging sebagai profesi sampingan, lebih dari satu orang lain memandang blogging sebagai karier utama mereka, tengah yang lainnya cuma menulis blog untuk menyalurkan hobi atau sebagai keliru satu langkah mengekspresikan pendapat mereka.


Menjadi blogger adalah sebuah pekerjaan yang menyenangkan meski tak begitu mudah untuk dikerjakan. Ia tidak mesti berdiam diri di satu tempat terkecuali mendambakan menulis konten. Bahkan ada blogger yang isikan kontennya dengan lakukan perjalanan, tetapi pasti saja ini terkait dari tipe blog yang dibuat. Semenjak internet telah dapat diakses dengan enteng dari mana saja, sementara itulah siapa pun dapat jadi blogger.


Kita telah membahas sekilas kapan blog pertama kali muncul. Sekarang kami akan menjelaskan evolusi dan sejarah blog.


Sejarah Blog dan Blogging


Berbicara soal sejarah blog tidak sanggup lepas dari arti weblog. ‘Weblog’ merupakan arti yang diciptakan oleh Jorn Barger pada tanggal 17 Desember 1997. Beberapa tahun kemudian, penyebutan ‘blog’ tambah santer terdengar. Konsepnya sendiri ternyata udah berumur lebih dari dua dekade, yang jikalau didalam ukuran internet sanggup diakui jutaan tahun. Blogging mulai muncul di permukaan pada awal milenia kedua. Contoh blog dan blogging berikan dampak yang cukup signifikan muncul pada tahun 2002, tahun yang penting didalam sejarah blog. Karena blog tetap baru, kemunculannya memunculkan kontroversi.


Saat itu ketidakberuntungan menimpa Heather B. Armstrong dan blognya dooce.com. Ia dipecat dari pekerjaan sehari-harinya sebab kedapatan menulis perihal rekan-rekannya di blog pribadinya. Kasus ini mengundang kegemparan di komunitas blog didalam perihal privasi di internet. Kini Heather menjadikan dooce.com sebagai sumber utama penghasilannya. Setidaknya pada selanjutnya seluruh baik-baik saja.


Tahun seterusnya WordPress muncul, menawarkan segala kemudahan bagi orang-orang yang tertarik untuk menyebabkan blog. Website blogging kemudian menjadi kondang dan menarik perhatian ‘warga internet’. Pemilik web site blog, seperti ProBlogger.net dan JohnChow.com, menjadikan blognya sebagai ‘mesin pencetak uang’ sebab bekerja sama dengan pihak ketiga (dalam perihal beriklan). Dua web site blog ini lebih-lebih menjadi contoh bagaimana Anda pun sanggup mendapatkan penghasilan dengan blogging. Hal lain yang tidak sanggup lepas dari ingatan perihal sejarah blog adalah kala Google selanjutnya membeli blogger.com.


Semoga lewat artikel ini, Anda sanggup belajar banyak hal berkenaan apa itu blog, fungsi dan kegunaan blog, dan juga sejarah blog

Oldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar